Rabu, 05 Desember 2018

Mengamati Dalam Diam

Facebook merupakan salah satu produk media sosial, seperti Friendster (alm), Twitter, Instagram, Path dan lainnya. Faktanya, pengguna Facebook di Indonesia memanfaatkan beragam fasilitas di Facebook untuk berjualan. Apakah mungkin di Indonesia, Facebook telah berubah menjadi Media Olshop?

Sebuah asumsi menyebutkan bahwa boleh jadi ramainya lalu lintas pengguna Facebook di Indonesia disebabkan oleh kebiasaan orang yang suka ikut-ikutan. Hal yang menjadi tren hangat saat itu dijadikan patokan sukses di masa depan, maka momentum semacam itu dimanfaatkan betul oleh pengguna Facebook di Indonesia.



Anggapan bahwa si A sukses melejitkan omset dan profit ketika berjualan produk Mukena Larizka misalnya, langsung ditiru oleh pengguna Facebook yang lain. Mereka ada yang langsung daftar menjadi reseller atau agen distributor Larizka.com, ada juga yang mengkloning motif dan membuat produk mukena lukis sendiri lalu menjualnya, atau ada yang terinspirasi untuk membuat produk mukena lukis yang jauh lebih bagus daripada Larizka.com.

SEMUA PILIHAN

Strategi Amati-Tiru-Plek bisa dilakukan, strategi Amati-Tiru-Modifikasi pun bisa diterapkan. Asalkan, hal tersebut dilakukan dengan motivasi yang kuat. Semua merupakan pilihan. Kekuatan faktor 'WHY' dalam diri perlu ditemukan secara cepat ketika seseorang memutuskan berwirausaha. Motivasi terbesar 'MENGAPA INI PENTING UNTUK DILAKUKAN' menjadi energi penguat seseorang untuk bertahan dalam cuaca wirausaha yang dinamis.

Faktor 'WHY' membantu seseorang terus bersemangat ketika menjalani proses di hadapannya. Semakin besar faktor 'WHY', maka semakin kuat kemungkinan seseorang untuk tetap bertahan dalam proses yang ia lalui. Jika faktor 'WHY' ketika berwirausaha hanya ikut-ikutan tren di masyarakat, lalu berhadapan dengan masalah tertentu, seseorang mungkin akan bingung bagaimana cara mengatasinya.

PENTINGNYA GURU

Perlunya GURU yang tepat menjadi salah satu faktor penentu berikutnya dalam kesuksesan seseorang. Ia bisa saja berhasil sukses ketika berwirausaha, namun masa coba-cobanya jauh lebih panjang, dibandingkan orang yang memiliki GURU. Orang yang memiliki GURU, tidak perlu mengalami masa TRIAL & ERROR seperti seseorang yang action TANPA GURU. GURU dapat berupa MENTOR yang sudah terbukti berprestasi, atau kawan-kawan di dalam komunitas yang sevisi.

FAKTOR KOMUNITAS

Komunitas Yukbisnis.com merupakan salah satu komunitas wirausaha di Indonesia. Anggota komunitas ini mulai menyebar di penjuru Indonesia, bahkan sebagian ada yang aktif juga di luar negeri. Seperti misalnya Komunitas Yukbisnis Pekalongan yang mulai aktif di jagad persilatan Indonesia. Mereka mulai berkumpul di Grup Facebook Yubi Pekalongan.

MENTOR PRAKTISI dan AKADEMISI sama-sama PENTING. MENTOR dari kawan sekomunitas pun juga PENTING. Kedua MENTOR (GURU) tersebut sama PENTING.

Kembali ke awal. Jika seseorang belum menemukan 'THE STRONG WHY', boleh jadi ketika berwirausaha dan menemukan masalah, maka ia mudah terkapar dalam kenestapaan. Jika masih bingung mengenai 'THE STRONG WHY', maka keputusan MENCARI bisa menjadi KEPUTUSAN TEPAT. FOKUS pada pencarian 'THE STRONG WHY'. Ketika sudah menemukannya, maka FOKUS pada faktor 'WHY' dalam bertahan dalam proses yang dijalani. Ketika sudah berjalan, NIKMATI PROSES yang ada. FOKUS pada PROSES.

FAKTOR PENENTU

Hal yang jauh lebih penting dari hal itu semua, sekalipun 'THE STRONG WHY' adalah Faktor TAQWA. RIDHO ALLAH menjadi tumpuan.

Untuk apa kekayaan berlimpah ketika ALLAH TIDAK RIDHO dengan proses yang dijalaninya?

Untuk apa rumah mewah dan mobil berjejer rapi, ketika TIDAK ADA KEBERKAHAN di dalamnya?

Seseorang yang beriman kepada ALLAH, tentu percaya bahwa REZEKI beragam rupa, dan REZEKI hanya DATANG dari ALLAH.

ALLAH MAHA ESA. Tidak ada Tuhan selain ALLAH.

Perbaiki kualitas ibadah. Perkuat hati. Berikan asupan GIZI TERBAIK kepada ruh yang ada dalam jasad.

Seorang bijak pernah mengatakan:

"Jika badan lapar, maka makanannya bisa berupa nasi dan lauk pauk. Ketika ruh lapar, maka makanannya adalah ibadah."
TAK ADA satupun daun yang jatuh ke bumi TANPA IZIN ALLAH. Begitu pula dengan hidup seseorang, TAK ADA kesuksesan TANPA IZIN ALLAH. Wallahu a'lam.

Salam hangat,

Muhammad Nurul Hakim

* * *

Langganan Artikel

Selain artikel, saya juga membagikan info mengenai edukasi bisnis, pengembangan diri dan penawaran menarik. Masukkan nama dan email Anda di sini.
Powered by Kirim.Email

Tidak ada komentar:

Posting Komentar